Latar Belakang

Home / Profil / Latar Belakang

Image koperasi pada umumnya kurang begitu baik: koperasi adalah sebagai tempat meminjam uang; koperasi tempat membiakkan uang; koperasi tempat menggadaikan jaminan; koperasi kumpulan para rentenir. Itulah citra koperasi yang menggema saat ini.

Padahal sebenarnya bukan seperti itu. Koperasi yang benar adalah kumpulah orang, bukan kumpulan uang. Itulah koperasi yang diperkenalkan oleh Haji Mohammad Hatta dan Pastor Karim Arbij 30 tahun lalu. Beliau berusaha mengembalikan citra koperasi ke asalnya sebagai lembaga usaha bersama masyarakat yang menanamkan nilai-nilai swadaya, tanggungjawab, demokrasi, kesetaraan, keadilan, dan solidaritas.

Untuk menghindari kesan buruk, Pastor Karim melakukan rebranding dan menyebut koperasi sebagai credit union. Pada saat ini, credit union telah berkembang di 97 negara di dunia. Khusus di Indonesia, credit union tumbuh di 24 propinsi, 212 kabupaten, memiliki 930 koperasi primer yang mewadahi 1.808.328 Anggota, dengan total aset 12,823 trilyun rupiah (per 31 Agustus 2012).

< KEMBALI >

About Guardian

All the Lorem Ipsum generators on the Internet tend to repeat predefined an chunks as necessary, making this the first true generator on the Internet. All the Lorem Ipsum generators on the Internet tend to repeat predefined Lorem Ipsum as their default model text, and a search for web sites.